RSS

>Honda Scoopy indonesia

30 Jun

>

Terus terang dan terang terus …. motor matik makin menggila di aspal tanah air tercinta. Boleh bilang ini motor perempuan, motor banci, motor-motoran dan lain sebagainya, tapi nyatanya dari hari ke hari penjualannya terus meroket. Pangsa motor bebek kian tergerogoti. Kalo dulu orang masih menjadikan motor matik sebagai motor kedua atau alternatif, kini banyak yang telah menjadikannya motor utama.

Terus terang dan terang terus …. model-model motor matik di tanah air mulai menjemukan. Suguhan terakhir asalnya dari AHM dalam wujud Honda Vario CBS Techno yang sebetulnya udah agak basi. Sebelumnya, paling fresh nongol dari Minerva dalam wujud GTR 150. Yamaha ? Aje gile … masih terus main casing dan rasanya mulai keasyikan bolak-balik ganti baju di Mio Series-nya. Minim ubahan dan mulai terlena sepertinya. O’ ouw …. jangan sampai saat sadar nanti penjualannya sudah tiarap.

Hmm … yang mencurigakan adalah gerak-gerik Honda. Agresifitasnya mulai tercium. Honda yang keburu malu karena keduluan Yamaha di pasar matik, sedikit demi sedikit mulai berusaha tune in dan makin mantap main di kelas ini. Tak hanya utak-atik model, Honda sendiri juga berusaha memberikan suguhan teknologi baru. Untuk soal ini, agaknya Yamaha memang harus malu. Saya melihat, Honda menyerbu dari semua sisi. Ya teknologi, ya main casing. Warning buat Yamaha agar buru-buru membereskan Mio Series-nya.

Soal Honda Scoopy yang lucu ini, sebetulnya tak ada yang terlalu istimewa darinya. Wujudnya lebih kurang mirip dengan Yamaha Fino yang sudah kemana-mana itu. Di Thailand, motor matik rasa jadul sepertinya lebih diminati. Terbukti meskipun lagi-lagi telat dan keduluan, Honda tak malu untuk berusaha menyusul Yamaha. Honda mulai rajin menggarap semua segmen untuk motor matik. Di ranah paling rendah, mungkin dikasih Icon. Mendingan sedikit, ada Click. Paling premium, ada Air Blade dan PCX. Buat melengkapi senjatanya, kini Honda menelurkan Scoopy untuk secara frontal bertarung dengan Fino.

Yang menarik untuk ditunggu adalah, apakah AHM (dari tadi saya nyebutnya ‘Honda’ terus lho ya) akan mendahului Yamaha Indonesia untuk bermain matik jadul dengan mengeluarkan Honda Scoopy-nya di sini. Petinggi Yamaha sini pernah berujar bahwa pangsa motor matik retro masih kecil. Secara hitung-hitungan bisnis, mungkin masih merugikan. Itu sebabnya, Fino tak kunjung lahir di sini. Mungkin Yamaha berpikir, jualan Mio aja indent terus. Barangnya habis terus, apalagi kalo mesti launching Fino ? Pabriknya nggak mampu lagi mungkin. Hmm … smell like AHM in the old times, huh ?

Tapi logika saja, alasan pasar matik jadul masih kecil sulit diterima sebagai jawaban ‘resmi’. Bagaimana pangsa pasarnya mau besar jika tidak dipupuk ? Bukannya dulu Yamaha juga yang berani memupuk pasar motor matik lewat Yamaha Mio-nya ?

Pepatah bilang, old times never die.

Vario Techno sebagai matik paling canggih (secara tampang dan teknologi) saat ini di Indonesia, pada suatu masanya akan terlihat usang dan membosankan. Modelnya akan terlihat kuno, tergantikan oleh model-model canggih lainnya pada akhirnya nanti. Tapi model Scoopy, mungkin akan lebih lama bertahan digerus jaman. Model-model seperti Scoopy ataupun Fino sifatnya lebih long lasting.

Kembali ke soal Scoopy, secara fitur tak ada yang terlalu istimewa. Hampir semua fitur yang ada di Scoopy telah muncul di varian matik Honda sebelumnya. Praktis, yang disodorkan Scoopy hanyalah rasa lain dari Honda Icon atau Honda Beat.

Beranikah AHM ? Atau jangan-jangan Yamaha yang duluan main jadul-jadulan dengan mewujudkan harapan banyak orang agar Fino lahir di sini ? Kehadiran Honda Scoopy, nyata memberikan arti bahwa segmen motor matik kini juga berkembang ke arah retro. Kehadirannya akan membuat AHM dan Yamaha Indonesia jadi banyak berpikir-pikir dan menimbang-nimbang untuk mengambil peluang.

Yipie !

-BS-

Foto : internet

Advertisements
 
23 Comments

Posted by on 30/06/2010 in Uncategorized

 

Tags:

23 responses to “>Honda Scoopy indonesia

  1. Hedon

    30/06/2010 at 10:14 am

    >mantap bisa buat gudang juga ternyata motornya ..heehehe

     
  2. marrs

    30/06/2010 at 11:35 am

    >mending naik becak aja mas.. raja jalanan

     
  3. Berusaha menjadi yang terbaik

    19/07/2010 at 11:51 pm

    >scoopy jadi raja lho di PRJ kemarinhttp://www.akhmad06.student.ipb.ac.id

     
  4. Mandailing Natal

    21/08/2010 at 5:12 pm

    >inopasi baru neh yah motornya, mpe ada tempat bola, tomat, ama kalkulator mas 😀

     
  5. xamthone plus

    01/03/2011 at 8:19 am

    motor nya memang mantap gan,,makasih buat infonya

     
  6. obat kanker usus

    30/03/2011 at 3:16 am

    kalau motor scoopy ane kurang suka toh .,, lebih suka dengan motor honda vario anhehe

     
  7. Motor Honda CBR Baru 250cc

    22/04/2011 at 8:48 am

    motornya keren…

     
  8. kering luka caesar

    02/07/2011 at 1:51 am

    mmmzz jadi pengen juga nih punya scoopyhehhe

     
  9. hepatitis c

    02/07/2011 at 1:54 am

    keren juga ya mtornya…..

     
  10. xamthone

    26/08/2011 at 5:46 am

    hmm sipp dech meskipun terbilang jadul honda scoopy memang sangat banyak diminati orang indo tuh..

     
  11. obat herbal infeksi saluran kemih

    16/09/2011 at 3:43 am

    memang benar kalo sekarang sudah banyak orang yang menjadikan motor matik sebagai motor utama…

     
  12. obat herbal penyakit gondok

    16/09/2011 at 3:49 am

    minerva GTR 150 mantap tuh gan….

     
  13. obat herbal penyakit gondok

    16/09/2011 at 4:03 am

    ternyata honda scoopy meniru prodak dari yamaha fino yah,,,,baru tau nih bro….

     
  14. obat herbal penyakit migren

    16/09/2011 at 4:14 am

    honda scoopy memang sekarang banyak yang mencari….padahal ga ada yang istimewa…sukses deh buat honda scoopy…

     
  15. Obat tradisional sinusitis

    17/09/2011 at 2:38 am

    kalo saya liat scoopy seperti melihat scooter vespa,,hehehe

     
  16. Obat tradisional Kanker Serviks

    17/09/2011 at 2:40 am

    image yg ketiga itu scoopy??kalo iya,keren banget tuh bodynya,gimana sama mesinnya ok juga ga?

     
  17. obat penyakit jantung

    22/09/2011 at 8:19 am

    wihh makin keren ajj nie….

     
  18. jelly gamat

    23/09/2011 at 3:34 am

    denger dari temen. katanya honda scoopy onderdilnya masih susah di indonesia.. jadi saya mikir 2kali buat beli scoopi..apa benar??

     
  19. xamthone

    24/09/2011 at 5:30 am

    mantap juga nie scoopy bodi nya sangat maenyus….

     
  20. obat tradisional keputihan

    26/09/2011 at 7:20 am

    keren'' motornyatapi saya lebih tertarik sama vario technohehe

     
  21. asam urat

    05/11/2011 at 7:02 am

    produk dari honda memang keren gag bakalan ketandingi gehh sama produk yang lain

     
  22. obat herbal glukoma

    07/11/2011 at 7:38 am

    sekarang kan motor matik udah menjadi kebutuhan yang primer atau kebutuhan pokok.

     
  23. Obat Herbal Darah Tinggi

    19/11/2011 at 6:49 am

    semakin kreatif ajj menambah persaingan di dunia otomotif..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: